Bahasa Indonesia English
SEKILAS INFOSelamat Datang Di Website Resmi Desa Sindangsari, Kec. Cigedug, Kab. Garut Kp. Neglasari Rt 01 Rw 10 Desa Sindangsari Akan Jadi Pusat Penilaian Lomba P2WKSS Tim Penilai Lomba P2WKSS Akan Hadir di Desa Sindangsari Pada Hari Senin 12 Oktober 2015 Desa Sindangsari Mewakili Kab. Garut Pada Lomba P2WKSS Tingkat Provisi Jawa Barat

Latar Belakang

Bookmark and Share

Pada dasarnya, hakekat pembangunan dilaksanakan untuk meningkatkan harkat dan martabat manusia; tanpa membedakan suku bangsa, agama dan jenis kelamin; hal tersebut berarti bahwa melalui pembangunan diupayakan dapat mewujudkan peningkatan kualitas hidup manusia baik laki-laki ataupun perempuan.

 

Sumber Daya Manusia (SDM) akan menjadi kekuatan modal dasar pembangunan, dan tentu harus disertai dengan peran serta fungsinya yang akan menentukan keberhasilan dari pembangunan tersebut. Karena potensi perempuan merupakan aset besar yang harus dapat dikembangkan untuk pembangunan, maka jika penduduk perempuan tidak diberi kesempatan untuk mengembangkan potensinya; perempuan akan menjadi beban serta mengurangi nilai hasil pembangunan yang telah dan akan dicapai. Untuk itu optimalisasi penduduk sebagai sumber daya pembangunan harus senantiasa berupaya untuk meningkatkan kualitas hidup, baik laki-laki maupun perempuan agar berperan dalam pembangunan. Hal tersebut perlu kita pahami bersama karena negara menjamin pelaksanaan prinsip kesamaan (equity) sesuai dengan prioritas pembangunan yang ditetapkan. Oleh karena itu pembangunan yang berperspektif gender berdasarkan pada prinsip utama kesamaan memperoleh akses, peran, kontrol dan manfaat serta kesempatan berpartisipasi dalam program pembangunan harus menjadi perhatian bersama.

 

Dilihat dari sisi demografis, penduduk Desa Sindang Sari, Kecamatan Cigedug  pada tahun 2015 berjumlah 6.617 orang, dengan komposisi 3.387 orang  laki-laki dan 3.230 orang perempuan. (Sumber Desa Sindangsari 2014). Perempuan dengan jumlah tersebut apabila diberdayakan secara maksimal merupakan aset yang sangat berharga bagi keberlangsungan dan kemajuan pembangunan di Desa Sindangsri. Akan tetapi dalam kenyataannya, di Desa Sindangsari masih dihadapkan pada permasalahan perempuan/ ketimpangan gender. Dan hal tersebut masih diperburuk lagi dengan adanya krisis ekonomi yang sifatnya multi dimensional sejak tahun 1997; yang berdampak pada semakin mempersulit peran perempuan untuk eksis di berbagai sektor pembangunan; yaitu karena berbagai faktor yang salah satunya adalah adanya penurunan tingkat kualitas hidup yang diikuti oleh penurunan tingkat kemampuan dan potensi dirinya.

 

Salah satu upaya pemerintah bersama masyarakat untuk penanggulangan kemiskinan melalui peningkatan peran perempuan dalam pembangunan adalah melalui Program Terpadu Peningkatan Peran Wanita menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS). Program ini merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan sumber daya manusia dan sumber daya alam serta lingkungan untuk mewujudkan dan mengembangkan keluarga sehat sejahtera dan bahagia untuk pembangunan masyarakat dengan perempuan sebagai penggeraknya.

 

Sebagai tuntuan program pembangunan Pemberdayaan Perempuan, Kesejahteraan dan Perlindungan Anak yang menjadi mandat lembaga, serta tuntuan MDGs dalam rangka penanggulangan kemiskinan yang harus dituntaskan, maka program terpadu P2WKSS perlu direvitalisasi. Petunjuk ini diperlukan agar dapat memberikan petunjuk bagi penyelenggara program terpadu P2WKSS.

 

Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Garut melakukan koordinasi dalam rangka upaya menyelaraskan program-program yang ada di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) khususnya dalam  upaya peningkatan kualitas hidup perempuan. Untuk itu dalam rangka penanggulangan kemiskinan melalui program P2WKSS di Desa Sindangsari  ini diharapkan dapat terselenggara dan dapat memberikan ruang kepada masyarakat untuk membangun dirinya sendiri, dalam bentuk mobilisasi dan pemanfaatan seluruh potensi masyarakat, difasilitasi oleh SKPD terkait yang ada di Kabupaten Garut dan TP. PKK Desa Sindangsari.

Kepala Desa Sindang Sari

AYO SUTISNA

Sekretaris Desa Sindang Sari

WAWAN GUNAWAN
Multimedia
Statistik

119788

Pengunjung hari ini : 11
Total pengunjung : 34484
Hits hari ini : 30
Total Hits : 119788
Pengunjung Online : 1
Ip :
Browser :
Web Link